Periksalah 5 Komponen Motor di saat Memasuki Musim Hujan

Hampir seluruh wilayah Indonesia memasuki bulan February 2016 mulai diguyur hujan. Bagi pengendara sepeda motor perlu menyiapkan motornya agar tetap bisa dijalankan dengan baik. Salah satunya adalah dengan memeriksa beberapa komponen motor. Mungkin saja ada beberapa komponen yang harus diganti dan sudah tidak layak digunakan, ada yang harus diperbaiki karena rusak, dan sebagainya.

Periksalah 5 Komponen Motor di saat Memasuki Musim Hujan



Seorang Technical di  Dealer sepeda motor dari Honda Astra Motor yang bernama Tito menjelaskan Bahwa akibat penggunaan yang cukup panjang di bulan kemarau tahun lalu, sebetulnya ada kemungkinan beberapa komponen sepeda motor sudah tidak layak pakai dan memerlukan perbaikan. Karena itu, pemeriksaan komponen motor mutlak diperlukan”.

Pemeriksaan berkala kecil maupun besar tidak cukup menjamin bahwa suatu motor bisa selalu dalam keadaan baik, tetapi juga harus penuh dukungan juga dengan suku cadang asli dari pabrik motor. Untuk komponen yang harus diperiksa yaitu:

1. Pemeriksaan oil seal dan dust seal

Seal pada kendaraan cukup berperan penting agar debu dan air tidak masuk ke dalam komponen dan menimbulkan kerusakan. Jika dust seal yang terdapat pada roda sudah tidak layak pakai, maka air bisa masuk ke area bearing atau bantalan roda. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya korosi yang bisa membuat bearing berputar secara tidak normal.

2. Pemeriklah Ban

Perlu dipastikan keadaan ban masih layak digunakan dan tidak tipis. Ini bisa dilihat dari keausan permukaan ban. Jika ban sudah tipis, traksi terhadap permukaan jalan akan berkurang. Apabila jalanan basah, ban yang tipis tersebut bisa membuat pengendaranya susah mengendalikan motor yang ditumpanginya. Bahkan bisa menyebabkan pengendara jatuh akibatnya terlalu licin. Maka dari itu pastikan arah rotasi ban sudah sesuai.

3. Pemeriksaan Cap Supressor "Tutup Busi"

Cap supressor sangat berperan penting agar mencegah terjadinya motor mogok saat melewati genangan air di musim hujan seperti ini. Apabila karet pada tutup besi sudah kerasa, maka segeralah ganti supaya sistem pengapiannya dapat berfungsi dengan baik. Penggantian tutup busi disarankan di bengkel resmi motor agar pemasangannya juga bisa tepat.


4.  Pemeriksaan Rem denga sempurna

Rem juga menjadi hal penting lohh saat berkendara, mengapa demikian ? apalagi saat musim hujan. Rem harus benar-benar berfungsi dengan baik, jika rem sudah aus akan mempersulit saat pengendara akan mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan.


5.  Pemeriksalah pada Lampu 

Fungsi lampu yang ada di sepeda motor sebagai indikator dan penunjuk arah saat motor dipakai. Apabila lampu tidak berfungsi bisa sangat membahayakan pengendaranya terutama saat kondisi hujan, jarak pandang pengendara akan berkurang.

Dengan melakukan kelima pemeriksaan tersebut, diharapkan motor bisa berjalan dan dapat digunakan secara prima saat musim hujan. Bagikan Artikel ini untuk menghindarii kecelakaan lalu lintas disaat mengendarai disaat musim hujan semoga bermanfaat buat anda semua.

0 Response to "Periksalah 5 Komponen Motor di saat Memasuki Musim Hujan "

Posting Komentar