
Sementara itu, penjualan retail sama dengan wholesale. Meski begitu, penjualan retail turun dari 35.757 unit menjadi 34.500 unit, yaitu 3,5 persen dibandingkan Februari 2009.
Triwulan 2009. Total penjualan mobil pada triwulan pertama 2009 mengalami penurunan yang cukup tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk wholesale turun 26 persen dari 135.601 menjadi 100.757 unit. Sedangkan retail turun 21 persen, dari 135.138 unit menjadi 106.685 unit.
Toyota & Daihatsu .Posisi pertama masih dipertahankan oleh Toyota, baik whole sale maupun retail untuk penjualan Maret 2009. Untuk wholesale, Toyota menguasai 34,8 persen dan retail 38,9 persen..
Penjualan whole sale Toyota pada Maret ini mencapai 11.162 unit atau turun 7,2 persen dari bulan sebelumnya, 12.032 unit. Sedangkan retail, turun 2,9 persen, dari 13.839 unit menjadi 13.340 unit.
Daihatsu, “sekutu” Toyota, menikmati 21,4 persen pasar mobi Indonesia, Maret lalu berhasil menjual 7.385 uni,t untuk wholesale. Dibandingkan bulan sebelumnya, Daihatsu memperoleh kenaikkan 13,4 persen. Sedangkan untuk retail, Daihatsu juga memperoleh kenaikkan 16,69 persen, yaitu dari 5.116 unit menjadi 5.970 unit.
sumber : KOMPAS.com
0 Response to "Penjualan Mobil Maret 2009: Wholesale Stabil, Ritel Turun"
Posting Komentar